Dalam Rangka Akselerasi Jurnal di Institut, LP2M Undang Aktivis Jurnal UIN Jakarta

Jakarta (2/08), LP2M PTIQ Jakarta fasilitasi para pengelola jurnal di seluruh institut untuk akselerasi jurnal menuju akreditasi. Acara tersebut dilangsungkan di gedung Rektorat PTIQ Lantai III. LP2M mendatangkan ketua Rumah Jurnal UIN Jakarta, Yazid Hady, M.Pd sebagai narasumber. Dalam acara tersebut para pengelola jurnal institut PTIQ bisa secara langsung menyampaikan kendala yang selama ini menghambat jurnal menuju akreditasi.

Dalam paparannya, Yazid Hady, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan pengelolaan jurnal di kampus selain untuk peningkatan kualitas academic writing tetapi juga untuk keperluan akreditasi.

Menurutnya, jurnal ilmiah masih menjadi topik hangat untuk mengukur sejauhmana mereka terlibat dalam konteks akademiknya masing-masing. Seorang itu bisa dilihat rendah ataupun tinggi akademiknya bisa dilihat dari tulisan-tulisan yang ada di Google Schoolar.

Ia juga menegaskan jika jurnal itu seperti mengelola institutsi virtual. Website jurnal itu bisa dilihat oleh internasional, maka ia harus hidup. Sehingga kapan saja bisa dikunjungi oleh siapa saja dan kapan saja.

Narasumber juga memaparkan seputar trik mendapatkan naskah. Langkah terpenting dalam trik tersebut di antaranya mengadakan pendekatan terhadap para penulis ternama untuk mendapatkan sitasi. Selain itu menurutnya, yang masih seringkali luput dari para pembuat jurnal itu tidak menentukan artikelnya dulu. Padahal seharusnya artikel ditentukan baru nama dan pengembangan lainnya untuk akreditasi.

Ia juga lanjutkan langkah berikutnya adalah menggunakan pengindeks (Salah satu dari pengindeks, Garuda, dll), Penampilan OJS, layout yang harus mencantumkan volume, No urut, dan lain sebagainya.

Ia juga menegaskan dalam pengelolaan jurnal harus dibagi menjadi dua bidang, yang pertama bidang konten dan konten website. Sebab untuk menuju sinta 2 misalnya harus diberikan rekam submit sampai publish dengan rinci.

Sebagai pemantapan, ia juga sampaikan bahwa penting sekali menyantumkan editorial board atau team editorial memiliki link sinta ataupun scopus id sebagai bukti mereka bergelut di bidang publikasi.

Sebagai inisiator kegiatan ini adalah bidang Publikasi dari LP2M yang diwakili oleh Fikri Maulana, M.Pd. (Afa)

Akselerasi Jurnal Institut

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these