TIM LP2M Hadiri Undangan Khusus GID Pemprov Bogor

Gelar Inovasi Daerah (GID) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai bentuk apresiasi atas inovasi yang dilakukan untuk daerah tersebut. Dalam GID Kabupaten Bogor tahun 2022 ini, Kelompok KKM Desa Sukagalih bimbingan Bapak Yaseer Muda Lubis, Lc., M. Ag. mewakili Institut PTIQ Jakarta terpilih menjadi juara favorit Gelar Inovasi Daerah kategori inovasi mahasiswa.

Penyerahan penghargaan itu diberikan langsung oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang kepada PTIQ yang diwakili oleh Misbah di Ruang Serbaguna 1 Setda Kabupaten Bogor, Cibinong, pada Kamis (3/11/2022). Turut hadir juga rekan mahasiswa, Aris Darmawan dan Bapak Fikri Maulana, M.Pd. sebagai perwakilan dari LP2M Institut PTIQ Jakarta.

Ustaz Fikri Maulana, M.Pd

Dalam GID ini, Misbah dan kawan-kawan menciptakan inovasi berupa Buku Tajwid dan Nagham: Membelai Al-Qur’an.

Membelai adalah singkatan dari membaca dengan benar, lancar, dan indah. Benar diukur dari ketepatan membaca sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Lancar diukur dari kemampuan pembaca untuk membaca dengan lancar tanpa terbata-bata. Sedangkan indah diukur dari ketepatan pengambilan tempat untuk waqaf dan ibtida’ serta dengan lagu/maqamat yang merdu.

Benar, lancar dan indah. Ketiga isi inti inilah yang dipaparkan dalam buku ini, dilengkapi dengan video praktiknya yang terhubung dengan channel YouTube melalui link/barcode yang dipraktikkan oleh para qurra dan huffazh mahasiswa Institut PTIQ Jakarta, khususnya yang melaksanakan program Kuliah Khidmah Mahasiswa (KKM) di Kampung Goleah, Desa Sukagalih, Kec. Megamendung, Bogor.

“Menyadari kami tidak lama di desa Sukagalih, tepatnya Kp. Goleah, maka lahirlah sebuah ide yang mendorong kami untuk mempersembahkan buku ini. Pembelajaran kami bersama adik-adik secara langsung selama program KKM mungkin adalah pembelajaran dalam waktu jangka pendek. Adapun buku ini semoga dapat menjadi teman belajar dalam jangka panjang dan sekaligus menjadi kenang-kenangan dari kami” ungkap Misbah.

Sewaktu program KKM, buku ini dibagikan secara gratis ke beberapa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), majelis taklim, dan madrasah yang berada di sekitaran Kp. Goleah, Desa Sukagalih, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

“Kami sangat bahagia dan bersyukur, kami diberikan buku tajwid yang disusun oleh para mahasiswa, karena memang kami menyadari bahwa pembelajaran tajwid di sini masih belum maksimal. Terima kasih dan semoga bermanfaat.” Ungkap Ustaz Saiful, salah seorang tokoh agama setempat.

“Kami berterima kasih diberikan plakat sebagai kenangan kepada kami. Akan tetapi kami lebih berterima kasih lagi karena diberikan buku ini. Karena kalau plakat nantinya mungkin hanya dipajang saja, tetapi kalau buku insyaAllah akan selalu bermanfaat dan tentu saja sebaik-baik kenang-kenangan adalah kenang-kenangan yang berupa ilmu.” Ungkap Bapak Ipang Suparjan, M.M. selaku tokoh masyarakat sekaligus kepala MI Nurul Falah Kp. Goleah pada saat pamitan usai program KKM.

Dosen Pembimbing Lapangan:
Yaseer Muda Lubis, Lc. M.Ag.
Shinta Nasution, S.Sos., M.Si. (Bappeda Litbang Bogor)

Tim Penyusun Inovasi:
M. Misbah, Arbi Aziz Pamungkas, Muhammad Safuan, Murdalin, Narendra David MV, Rizki Ainurrafik, Nasrullah, Naratama Andrina Putra, Aris Darmawan, Muhammad Muslih, Rifqi Mahendra, Riko Irawan, dan M. Fatha Hilmawan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these