Bermitra dengan PTIQ, Kemenpora Mengadakan Kuliah Kewirausahaan untuk menumbuhkan Semangat Mandiri Mahasiswa

Jakarta. Deputi Pengembangan Pemuda hari ini, Kamis, 14 September 2023 mengadakan Kuliah Kewirausahaan di Kampus Universitas PTIQ di Lebak Bulus Jakarta Selatan. Tema kuliah kali ini adalah Navigating digital entrepreneurship frontier strategies and innovations for student enterpreneurs.

Dalam sambutan perwakilan, Wakil Rektor III Universitas PTIQ, Dr. H. Ali Nurdin M.A, menjelaskan bahwa penghafal Al-Qur’an, sebagaimana sebagain besar merupakan mahasiswa PTIQ, juga harus memiliki jiwa wirausaha. Jangan sampai muncul anggapan bahwa mahasiswa yang memiliki latarbekalang agama Islam yang kuat, memahami dunia wirausaha sebelah mata.

“Jika para hafizh dan hafizhah tidak ingin menjadi wirausaha hanya karena alasan ajaran agama yang ditafsirkan secara kaku, maka ruang-ruang tersebut akan diisi oleh orang-orang fasiq” pesan beliau saat mengakhiri sambutan.

Selanjutnya, Asdep Kewirausahaan Pemuda, Dr. Hendro Wicaksono M.Sc. Eng  dalam sambutan dan membuka acara menjelaskan tentang pentingnya wirausaha di kalangan mahasiswa. Kontribusi wirausaha dalam menumbuhkan perekonomian negara.

“Penopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini didorong oleh dunia wirausaha. Khusus di Indonesia sebagai salah satu negara berkembang di dunia, Jumlah penduduknya sangat besar tetapi pelaku wirausaha masih sangat rendah secara rasio dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Kuliah Kewirausahaan ini bagian dari usaha pemerintah untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dari kampus-kampus yang menjadi mitra dengan Kemenpora”.

Selain itu, Pak Hendro, juga memberikan motivasi agar mahasiswa harus berani bermimpi. Berani mencoba, berani gagal. Hal ini perlu dilakukan untuk membangun dan mendidik mental dan cara berpikir (mindsite) sebagai proses untuk lebih baik. Jika mental sudah ditempa sejak muda, apapun keadaan pada masa depan bisa dihadapi dengan baik.

“Untuk menjadi maju, sukses maka belajarnya harus pada mereka yang sukses pula. Bagaimana memulai, bangkit dari keterpurukan, menjaga relasi dan sebagainya dalam berwirausaha, hingga akhirnya mahasiswa PTIQ meghasilkan alumni yang hafizh dan hafizhah sekaligus memiliki jiwa kewirausahaan pemuda”. Kemudian beliau membuka acara tersebut secara resmi.

Program kuliah Kewirausahaan di kampus-kampus mitra diselenggarakan Kemenpora sebagai program untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas wirausahawan di Indonesia, khususnya dikalangan mahasiswa dan pemuda di Indonesia. Pada Kuliah Kewirausahaan Pemuda di PTIQ, Narasumber dan peamteri adalah dari Bank BRI, Hendriansyah selaku CEO SMEs Pack, Muhammad Ilham dari Owner Banakpack Mata dan Miftahul Sururi M. Kom selaku praktisi Ekonomi Syariah Universitas PTIQ.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these